pencarian

Translate

Saturday 11 June 2016

TV Sharp MATI STANDBY / GAGAL START

SALAH SATU PENYEBAB TV SHARP PICCOLO MATI STANDBY

Seringkali saya temukan TV Sharp jenis Piccolo gagal start atau Protec
Gejalanya, pada saat tv di on, terdengar semburan FBT menandakan tv start, di tandai lampu led berubah dari nyala redup ke terang, dalam hitungan detik, TV kembali standby

jika saya dapa kasus seperti ini. langkah yang sering saya lakukan adalah...

Tentunya kita harus buka Casing dulu..hehhehehehe... seperti pada kasus yg saya kerjakan sekarang ini,,

setelah BOX saya buka, saya lakukan penyolderan ulang, kemudian tv saya on, sambil tes meter sudah standby di teg B+ 125v.. ternyata teg normal

kemudian tv saya matikan, jarum tester pindah ke tegangan vertikal 26v, tv saya start terlihat di monitor tester terbaca 26v,

kemudian tv saya matikan, jarum tester saya pindahkan ke tegangan Video 185v, tv saya  start,  terlihat di tester terukur tegangan 185v, sippp.. berarti di bagian ini tdk ada masalah

lanjut di TITIK protek umumnya yang sering terprotec di bagian Video, yaitu D605



untuk pengukuran akuratnya, isa di lihat pada gambar di Bawah ini
tancap tester di Resitor R605 seperti pada gambar,kemudian hidupkan tv,  tegangan harus terukur 185v jika teganagn ada di sekitaran 185v berati itu normal,

lanjut di D605, tancap Tester di D605 seperti anak panah pada gambar, kemudian hidupkan TV, normalnya tegangan terukur 4.5v atau 5v, pada kasus ini, tegangan terukur 0v


hemmmm.... pantes TV tidak mau satart, langsung cabut R605, saya ukur ternyata sudah mati suri.. hehehhe, setelah R605 saya ganti, tv saya start,,, byarrrrr tv sudah normal kembali sudah tidak protec lagi... ngopi dulu lurrr mumpung masih ada waktu.. hehhehehee salam sukses



65 comments:

  1. Apa penyebab TV Sharp tidak mau start, hanya menyaka lampu standby, apa yang harus saya cek ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba chek tr horizontalnya.. .

      Delete
    2. Tegangan pada R 605 terukur 185volt dan d 605 terukur 5volt....jadi d mna lagi harus d cek master

      Delete
  2. Gan, mautanya TV sharp tabung power ON lampu menyala di stanby tp pada saat mau distart tidak ada terdengar semburan FBT yg menandakan TB start,kira2 apa yg harus saya check? Tapi saya ada lihat transistor R621 kebakar gan? Kir2 saya ganti R621 ready lah atau apa lagi yg hrs dgnti? Trmksh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 brp harga resistorx

      Delete
    2. Bisa jadi FBT nya rusak gan..

      Delete
    3. Mau nanya master.
      Tv sharp alexander slim krrusakan mati setanby . Untuk tegangan b+normal elko dan dan dioda n resistor 605 udah di ganti gan. Tapi tidak ada tanda tanda semburan dri fbt hanya menyala indikator terang. Mohon penjelasanya ya gan

      Delete
  3. Gan, mautanya TV sharp tabung power ON lampu menyala di stanby tp pada saat mau distart tidak ada terdengar semburan FBT yg menandakan TB start,kira2 apa yg harus saya check? Tapi saya ada lihat transistor R621 kebakar gan? Kir2 saya ganti R621 ready lah atau apa lagi yg hrs dgnti? Trmksh .

    ReplyDelete
  4. Sukses gan!! Terimakasih. Tv jadi idup kembali

    ReplyDelete
  5. Resistor 605 normal. Nyembut bentar fbt nya tapi bunyinya aneh kresek kresek terus protek lagi. Kira kira apanya gan?

    ReplyDelete
  6. Mantabz infonya,trims ya boss

    ReplyDelete
  7. Rusistornya bener rusak tapi tak ganti kok tetep aja protek,kira2 apannya ya....

    ReplyDelete
  8. Ternyata resistor sampingnya yg ukuran 18ohm juga rusak,Alhmdllh sekarang udah cling...,trims bnyk atas infonya ya...

    ReplyDelete
  9. Pada type Tv sharp 14 inc dynamic sound, sudah di antar ke tukang service yg sebelumnya mati total (kerusakan di rangkaian regulator), keadaan yg setelah sampai di rumah, untuk hidupkan di pagi hari harus nunggu 15 menit agar bisa hidup normal dari posisi lampu stanbye merah, saya sudah pindah rumah ke propinsi lain, mohon bantuannya gan, kira2 komponen apanya yah ..?, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Minta bantuannya gan! saya punya TV tabung Sharp tiepe AV Multi System/Wonder
    Kasus: power ON lampu menyala di stanby tp pada saat distart gambar kadang tampil sebentar dan kembali mati ke posisi mati ke stanby lagi,, komponen apa yang harus sy ganti,,, terima kasih atas kebaikannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pendukung supply tegangan (Elko) anggaplah sebagai baterai komponen listrik untuk bekerja, nilainnya berkurang.elko dengan ukuran kecil di sekitar fbt,atau penyuply tegangan(elko) untuk 5v, 8/9, persisnya 7805 atau 7809 nilai berkurang,coba anda cek satu persatu,jangan lupa cek juga STR,IC utama di powersupply kalau ragu mending bawa ketukang servis.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Resitro dah di gnti mash protek ajh.d605. Msh poret ajh pah y tuh gan

    ReplyDelete
  13. Resitro dah di gnti mash protek ajh.d605. Msh poret ajh pah y tuh gan

    ReplyDelete
  14. Lokasi agan dmn? tv sharp aquos ane kayaknya kena mati standby nih, tolong bisikin kira2 biaya sevisnya brp gan kalo bs

    ReplyDelete
  15. jiko tegangn mnuju r 100k tinggal 110v, tv bisa setar gk guru
    coal ny tegangn melwati r hany 110 v, pdahal tgangn 180 normal
    trus evek ny ap guru pin protek di lepas

    ReplyDelete
  16. jiko tegangn mnuju r 100k tinggal 110v, tv bisa setar gk guru
    coal ny tegangn melwati r hany 110 v, pdahal tgangn 180 normal
    trus evek ny ap guru pin protek di lepas

    ReplyDelete
  17. Tp sharp pertama d on lampu merah trus jadi hijau tapi ga ada reaksi apa2 ke plaibek tr udah d cek bagus strum normal dan lmpu kembali merah..kira2 apanya ya mas?

    ReplyDelete
  18. Gan jika standby tidak mau menyala dan ada bunyi tik2, Kira2 apa yg rusak?

    ReplyDelete
  19. Mas kira2.apa penyebap tv sharp alexsander.lampu power nyala nggak mau star

    ReplyDelete
  20. Gan apanya yang rusak tv sharp qirei 21 in tidak mw menyala total

    ReplyDelete
  21. Gan saya ada kendala sharp di colokin lampu merah menyala dan ada suara start lima detik lampu rudep volt di 26 hilang dan volt 180v di rgb jugak hilang

    ReplyDelete
  22. Gan msin tv china gambar nyempit kanan kiri skitar 5cm an.. Apa nya gan mksh.

    ReplyDelete
  23. Berhasil sodara.... R. Nilai 180k putus/molor . ..
    Makasih.....

    ReplyDelete
  24. Unk flybacknya seri berapa ya ... tolong infonya bos

    ReplyDelete
  25. Gan mau tanya nich,gara2 teledor kebalik pasang elco d bagian volt 250v 33uf,tv lgsung protek tv sharp,d area vertical, tlg pncerhan gan kira2 apnya ya

    ReplyDelete
  26. apakah flyback mungkin bisa 180vl bisa drop boss,??

    ReplyDelete
  27. Gan mohon bantuan tv saya sharp ic ixb855wjzz
    Pin protek udah di lepas tapi masih protek

    ReplyDelete
  28. Pin protek dioda lepas kaki 1 nyala di ganti kembali sperti tema master, mohon pencerahan langkah apa yg perlu di ambil

    ReplyDelete
  29. tv saya protek tegangan di r sama dioda tdk ada apa lg master

    ReplyDelete
  30. mau tanya gan sbab tv sharp lampu indikator bisa konek hijau bentar lalu kembali merah lagi..kira2 apanya ya gan yang perlu di cek

    ReplyDelete
  31. Tolong solusinya master...sy dpt servisan tv sharp pocolo...mau start (lampu tedup nyala terang) tapi playback ny tidak bekerja,beberapa saat kemudiam stanbay...kira2 apa ny ya ter...udah sy obok di bagian hor ny & playback pun udah sy ganti,tapi msh nihil ...mohon pencerahan ny master....

    ReplyDelete
  32. Tolong solusinya master...sy dpt servisan tv sharp pocolo...mau start (lampu tedup nyala terang) tapi playback ny tidak bekerja,beberapa saat kemudiam stanbay...kira2 apa ny ya ter...udah sy obok di bagian hor ny & playback pun udah sy ganti,tapi msh nihil ...mohon pencerahan ny master....

    ReplyDelete
  33. trima kasih anda telah membantu akhirnya pekerjaan telah selesai tapi ada satu masalah tentang tv ini warna keluar terlambat 5 menit baru normal dan dilayar ada garis hitam melintang tapi hilang sendiri minta solusinya dong tolong tv sharp merk picolo model 21EF25

    ReplyDelete
  34. Kan gak selalu di r605 madalah nya,,hehehe

    ReplyDelete
  35. R605 berapa nilai um nya boz

    ReplyDelete
  36. Gan tv sy Sharp slim proyek stelah di solder ulang tv sy nyalain tv normal sampe seharian skitar jam 5 sore sy matiin kemudian jam 8 pagi sy coba lg tv proyek lg itu apanya gan yg error'?

    ReplyDelete
  37. tv sharp alexander 21inc star tv lampu nyala indikasi standby terus...solusinya bro. salam papua

    ReplyDelete
  38. Resistornya gosong nilainya brp mas

    ReplyDelete
  39. Kalau tv redup apa ganti R605 apa di trmbak tabungnya gan,

    ReplyDelete
  40. Mantap Bos postibgannya.Tv sharp saya udah oke,ganti R605

    ReplyDelete
  41. TV Sharp 14" tidak seter cuma nyala lampu setenbay elco besar nampung setrum apa yg jadi masalah bos

    ReplyDelete
  42. TV sharp cleo patra awalnya rusak defleksinya di ganti normal. Tidak lama tv mati, led nyala tpi gak mau star.tegangan ada130v tpi 180v gak ada. Ganti fit sama saya gak ada perubahan.ic vertikal juga ganti. Kira2 apanya mas. Mohon Penjelasan nya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Gan,TV Tabung Sharp sy stlah klik tombol lampu standby nyala terang. Tp stlh klik power di remote lampu standby jd redup dan TV gak nyala. Apanya yah gan? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv gagal star LED nyala terang terup redup solusinya gan

      Delete
    2. Wah kasus nya sama dengan tv sharp saya itu mas,,,
      Tv nya kembali2 terus

      Delete
  44. Gan mohon infonya...cara pasang gacun str F6654.mkasih

    ReplyDelete
  45. Ikut nanya suhu
    Tv Sharp picolo saat star tegangan di 115 v hanya kisaran 55 v dan langsung Protex lagi
    Elco 100/160v di cek normal tr horisontal normal kaki B+ di flaybag di open masih sama juga suhu ...

    ReplyDelete
  46. Punya saya tegangan 185v ny cuma ada 100v gan kira2 bagian mana yg harus di cek lagi gan?

    ReplyDelete
  47. Gan ane punya tv sharp cleopatra tidak mau star fbt tidak nyembur dan teg 180v tidak keluar apa yng rusak gan .terima kasih

    ReplyDelete
  48. Gan ane punya tv sharp cleopatra tidak mau star fbt tidak nyembur dan teg 180v tidak keluar apa yng rusak gan .terima kasih

    ReplyDelete
  49. Master kalo sharp piccolo slim 21 tegang 180 naik jadi 200 lebih dan jadi mebimbulkan percikan api dicoft biasanya kerusakan disebabkan di bagian apa y

    ReplyDelete

Fan

Popular Posts