pencarian

Translate

Tuesday 26 April 2016

KERUSAKAN GAMBAR TV SHARP BATIQUE SLIM 21 INCH

KERUSAKAN  GAMBAR TV SHARP BATIQUE SLIM 21 INCH

TV Sharp Batique Slim 21 inch
Gejala ; gambar menipis dan agak gelap. Jika VR Secreen di naikan , gambar tetap menipis dan layar bergaris garis buku



Pertama saya chek teg RGB di bagian matrix RGB. Pengukura mulai dari RGB out R=1.8v, G= 1.6v dan B=18v dan saya ukur teg RGB katoda KR = 187v, KG=178v dan KB=178v. Ternyata teg rgb semua normal

Lanjut pengukuran tegangan di bagian Sekreen teg terukur 290v juga normal
Sekarang beralih di bagian FBT langsung di pin 10 yaitu jalur ABL. Saya chek teg di jalur ABL ternyata semua 0v

Kemudian tv saya matikan sambil mengapsen satu satu semua part yang terhubung dengan jalur ABL.. tapi semua sehat sehat saja

Saya cobat urut kembali jalur di bagian ABL terutama dari sumber tegangan suplay ABL sebab biasanya di subplay dari teg B+125v atau teg video 185v

Ternyata tegangan Subplay teg di ambil dari teg Video 185v menggunakan R 100k saya ukur Resistor tersebut, ternyata sudah putus tus tus tus…


Posisi resistor tersebut pas di samping pendingin ic vertical yaitu R605=100k


Setelah pergantian resistor terebut. Saya hidupkan tv, dan hasilnya Gambar sudah kembali NORMAL alias cling..hehhehee



Mudah-mudahan bias bermamfaat buat pemula dan salam SUKSES….

23 comments:

  1. Kalau cuma Lampu led x aja yg nyala giman cara ngatasi x

    ReplyDelete
  2. Kalau cuma Lampu led x aja yg nyala giman cara ngatasi x

    ReplyDelete
  3. maaf mas saya mau nanya,saya punya tv sharp batique pas d nyalakan layar biru bergaris garis sampe ke bawah apa nya mas yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem yg sama di tv saya.
      Solusinya apa ya mas?

      Delete
  4. mau tanya,,no seri fbtx brp

    ReplyDelete
  5. Assl.mas aku tanya klau tv mati mati hidup apanya itu maklum blajar...

    ReplyDelete
  6. Maaf nilai resistor r733

    ReplyDelete
  7. om no seri fbt nya berapa om,.thanks

    ReplyDelete
  8. Kalau tv sharp juga 21' gambar berubah brubah apanya yng rusak sekrang tv hitam putih kalau warna di atur di menu di tambhin gambar malah biru ga jelas gambarnya

    ReplyDelete
  9. Kalo warnya dominan merah gmana guy

    ReplyDelete
  10. Kalo warnya dominan merah gmana guy

    ReplyDelete
  11. Boleh minta data pin proteksi nha gk.

    ReplyDelete
  12. Om,nilai r621 berapa ya,soalnya hangus tidak terbaca

    ReplyDelete
  13. Salam solder..semoga Makin sukses .

    ReplyDelete
  14. Mas saya mau tanya tv saya gelap klo sekrieen di Merangin garis2 apa ya yg diganti

    ReplyDelete
  15. Mas saya mau tanya tv saya gelap klo sekrieen di Merangin garis2 apa ya yg diganti

    ReplyDelete
  16. Coba cek bagian RGB dulu

    ReplyDelete

Fan

Popular Posts