pencarian

Translate

Monday 25 April 2016

Kerusakan TV SHARP PICCOLO 21 inch Jika tv Di ON lampu lad nyala sesaat lalu mati total tapi tegangan semua normal

Kerusakan TV SHARP PICCOLO 21 inch
Jika tv Di ON lampu lad nyala sesaat lalu mati total tapi tegangan semua normal




TV shar Piccolo 21 inch
Gejala : jika tv di on. lampu led nyala sesaat lalu mati total tapi teg B+ normal

dari hasil pengecekan yang saya lakukan mulai dari teg B+ 125v, teg regulator 14v  dan 5v semua Normal
saya coba open pin 4 ic regulator PQ09RDA untuk memakasa tv hidup.. tapi hasil gagal. saya coba open pin 3 ic regilatornya yaitu pin Ground.. terlihat lampu let sudah menyala
tapi TV belum bisa start

kemudian saya coba ganti ic regulator dengan yang baru.. lagi lagi hasilnya gagal
kemudian saya coba chek semua elko di bagian ic SMD  nya  ternyata banyak elko yang kering dan ada juga yang sudah mati .. utuk lebih jelasnya .. coba perhatikan gambar di bawah ini


Dari hasil pengecekan saya temukan
C353 = 50v/4.7uf, C3527 = 50v/2.2uf, C1005 =50v/2.2uf, C827 =16v/10uf dan C206 = 50v/10uf
elko tersebut semua sudah sekarat.. hehehhe






lokasi elko tersebut



gambar di bawah ini adalah PCB bagian Bawah



Setelah penggantian semua elko tersebut.. saya coba hidupkan tv... jrengggg.. tv langsung nyala dan langsung start, kemudian sy off kan lagi saya coba pasang semua soket kabel TV yang belum terpasang termasuk kabel sound speakernya.. kemudian TV saya hidupkan lagi .. ternyata tv sudah sembuh total...

jika ada pertanyaan atau masukan.. silahkan berkomentar di kolom bawah... mudah - mudahan bisa bermamfaat bagi pemula..  dan salam sukses



31 comments:

  1. salam kenal gan. q ada masalah dgn tv sharp piccolo,gambarnya kedip kedip seperti kurang strum gitu gan. mohon solusinya gan. trims

    ReplyDelete
  2. Mas mau tanya, tv sharp picollo jika dimatikan (standby) pake remot ada bunyi cuit dan FBT masih nyembur beberapa detik baru mati kadang bunyi cuit nya lama.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mau tanya, tv sharp picollo jika dimatikan (standby) pake remot ada bunyi cuit dan FBT masih nyembur beberapa detik baru mati kadang bunyi cuit nya lama.trims

      Delete
  3. Tv saya sharp-piccolo 21ef250. Klo gambar nya mirip sama yg diatas, tv saya resistor yg di R601 nya hangus, ukuran resistor berapa ya dan kode warnanya apa ja ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran R nya bisa 2wt nilanya bisa kita ganti dengan 1.0 ohm hingga 100 ohm.

      Delete
  4. Sama yg sy alami....babat smua tu elkonya

    ReplyDelete
  5. Mau tanya tv saya saat di on kan cuma bunyi chik chik chik lampu indikator g nyala, apanya ya? Mksh

    ReplyDelete
  6. Mas sya mau tanya.tv saya sharp picolo.klu tegangan 180 hilang sma b+ nya hilang kira kira apa nya ya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu menandakan tv belum start.. Coba chek tr hor dan fbt

      Delete
  7. TV sharp saya 21ef250 start nya lama sekali, bisa 2 sampai 3 jam baru nyala. Lampu indikatornya selama belum nyala bersedia. Mohon saran. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chek ganti elko bagian primer dan elko teg 5v

      Delete
  8. sharp piccolo slim sy mati total fuse putus gan,stelah sy cek ternyata ad komponen d blakang travo paling besar pecah dan terbakar bentuk nya berkaki 4 itu ap nmr serinya ya gan.mw sy ganti takut salah.thanks gan mohon bimbingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, aku coba jawab. warnanya hitam , ukuran sekitar (3 x 10) mm ? mungkin opto-coupler, nomornya PC 817

      Delete
    2. Tv sharp piccolo saya layar ny sering naik k atas.kira kira ap penyebabny y mas...d bawa k serfis.dia bilang harus ganti mesin..tolong..bimbinganny..

      Delete
  9. Mas tv saya lampu power kedap-kedip tp layar mati total mas,bagaimana mas solusi ya

    ReplyDelete
  10. Apakah elko 250v/33uf di ganti sama 250v/22uf bisa mas?

    ReplyDelete
  11. mas mau tanya ni, kenapa ic vertikak jebol terus padahal flyback saya sudah ganti yang baru ini tv sharp picollo mohon solusinya

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya tv sharp picolo 21ESF250EA kenapa tegangan B+ cuma 90v mohon apa solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba chek resistor yang terhubung dengab b+ ke tr TL431.. Biasanya nilainya molor

      Delete
  13. Mas mau tanya kode/no seri flayback tv tabung sharp berapa ya kodenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih jelas.. Bisa di lihat di postingan daftar fbt shap..du situ lengkap dengan jenis tv nya

      Delete
  14. tv saya sharp alexander slim bila d start lampu indikator berkedip merah ke hijau setelah itu balik gitu2 aja stlh lama kedap kedip tv nya nyala
    knp ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan elko bagian spms ada yang kering

      Delete
  15. Om mau tnya
    .r601 terbakar .gejalany apa om.mohon pencerahany.trimakasi.

    ReplyDelete
  16. Tv nyala pake gacun cuman layar Berca bercak suara tersendat2

    ReplyDelete
  17. Mf saya mau nanya
    Tv saya Sharp Piccolo bila Dion r 733 selalu gosong, padahal sudah saya ganti PC 123/ a1668/ 7805 r 18 ohm tapi tetap saja r18 ohm nya ngebul..kira kira apanya ya gan..

    ReplyDelete
  18. Maaf mau tanya
    tv saya sharp alexander great 21gxf250e R601 terbakar gosong nilainya berapa ??

    ReplyDelete
  19. Maaf mau tanya
    Tv saya sharp piccolo matot lampu indikator mati sikring putus

    ReplyDelete
  20. Gan sy mau nanya gan tv Sharp great alexsander type 21gxf250e R601 hangus itu nilainya brapa ya gan sbm dan sesudanya sy ucapkan trima ksh.

    ReplyDelete

Fan

Popular Posts